Translate

Minggu, 26 Agustus 2012

Talenta


Kalau seorang jemaat rajin mengikuti ibadah setiap hari Minggu di gereja, mungkin jemaat tersebut pernah mendengarkan kotbah yang dibawakan oleh pendetanya tentang talenta. Tema ini biasanya cukup sering juga untuk dikotbahkan di atas mimbar. Dan biasanya selaku dikaitkan dengan pelayanan yang mungkin dapat dilakukan oleh jemaat untuk gereja.

Pada beberapa kesempatan mungkin kita pernah mendengar kalau talenta bukan cuma dikaitkan dengan bakat yang dimiliki oleh jemaat, misalkan bakat dalam bidang musik, nyanyi dan lainnya, tapi juga pada harta kekayaan yang dimiliki oleh jemaat. Yah, boleh-boleh saja orang mau mengartikannya sebagai apa, tapi yang penting dari itu semua, gunakanlah semuanya itu demi kemulian Tuhan kita Yesus Kristus.

Sekarang mungkin ada baiknya bila kita membahas talenta dalam artinya yang lain lagi. Sebab bila talenta hanya diartikan dalam pengertian seperti yang di atas saja, mungkin sebagian besar dari kita akan mengatakan bahwa kita tidak memiliki talenta yang dapat digunakan untuk memuliakan Tuhan. Karena untuk bermain musik, suara yang dihasilkan tidak lebih dari suara kaleng yang di banting-banting, untuk ikut paduan suara, teman-teman bilang mengganggu konsentrasi saja. Untuk memuliakan Tuhan dengan harta kita? Pulang saja tidak berani lewat depan warung langganan. Klop deh!

Tapi jangan salah Saudara, hal demikian bukan berarti bahwa Saudara adalah orang yang nihil talenta. Tidak. Talenta jangan cuma kita artikan dengan cara sempit begitu. Setiap kita memiliki talenta. Dan talenta yang kita bahas dalam artiannya yang baru ini adalah firman Tuhan. Ayat-ayat dalam Alkitab yang adalah firman Tuhan ini, kalau satu saja dari ayat yang ada itu dapat kita pahami dengan benar, itu adalah talenta yang telah Tuhan berikan pada kita.

Pahami satu ayat saja Saudara, maka Saudara telah memiliki satu talenta. Bila ingin lebih, pahami lebih banyak lagi ayat. Lalu bila hanya satu ayat saja yang telah Saudara pahami itu Saudara beritakan kepada teman-teman Saudara, baik kepada yang non Kristen ataupun yang sudah Kristen agar mereka juga dapat memahami ayat yang sama, maka berarti Saudara telah menggunakan talenta Saudara demi kemuliaan Tuhan.

Matius 25

25:20 Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta.
25:21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Jadi apa yang sudah ada pada kita, yaitu pengertian akan ayat-ayat Alkitab yang sudah kita pahami, haruslah juga pengertian itu kita berikan kepada Saudara-saudara seiman kita. Jangan sampai pengertian yang telah diberikan Tuhan kepada kita itu hanya menjadi milik kita saja alias kita pendam di dalam tanah. Seperti ayat berikut ini :

Matius 25

25:25 Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan!
………………
25:28 Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.
25:29 Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
25:30 Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."

Saudara, jangan sampai talenta yang sudah diserahkan kepada kita, diambil lagi hanya dikarenakan kita tidak mau bertindak seperti hamba yang memiliki sepuluh talenta itu. Telenta yang telah ada pada kita itu, bukanlah milik kita yang harus kita nikmati sendiri. Jadi bila dikaitkan dengan pemahaman akan firman Tuhan, apa yang telah kita pahami itu berikanlah juga kepada Saudara seiman kita yang lain.

Jangan takut untuk memberikan pemahaman kita itu pada sesama Saudara seiman, dan janganlah juga berkecil hati bila ada yang tidak sepaham dengan pemahaman Saudara. Sebab mungkin saja pemahaman Saudara yang kurang tepat dan sekarang Tuhan telah memberikan pemahaman yang lebih baik melalui teman Saudara. Inilah talenta tambahan yaitu yang kesebelas, yang diberikan kepada Saudara karena Saudara tidak menyembunyikan talenta yang ada pada Saudara di dalam tanah.

Matius  10

10:27 Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah.

Sekarang dapat kita pahami bahwa tidak ada alasan bagi kita orang percaya untuk tidak melayani Tuhan hanya karena kita merasa tidak memiliki talenta. Jangan lagi membatasi arti dari talenta itu hanya sebatas bakat menyanyi ataupun bermain musik.

Syallom buat semua….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar